Resensi buku Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal)
Judul :
Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal)
Penulis :
Drs. Idad Suhada,M.Pd
Penerbit :
Rosda
Cetakan :
1,2016
Tebal :
156 hlm
Isi :
HVS 70 gr
ISBN :
978-979-692-731-9
Psikologi
sebagai sebuah disiplin ilmu sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan. Psikologi
pendidikan dapat diartikan sebagai penunjang untuk perkembangan potensi manusia
melalui belajar dan pembelajaran. Sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran
yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan anak secara menyeluruh.
Proses
pendidikan dan pembelajaran melibatkan banyak pihak dalam pelaksanaannya yaitu
dari anak-anak, guru, dab orang tua.
Perkembangan
seorang anak diawali dengan pergaulan dalam kahidupan remaja yang kemudian
berlanjut ke sekolah. Yang dimana sekolah sebagai tempat pembelajaran anak yang
sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan mentalitas anak.
Perkembangan digambarkan sebagai
suatu proses yang kekal dan tetap menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat
integritas(mutu) yang lebih tinggi.
Manusia dalam perkembangannya
ditentukan oleh lingkungan dan pembawaannya. Yang meliputi cara-cara
mempengaruhi tingkah laku individu, pertumbuhan, perkembangan atau life
Dalam perkembangan anak ada yang
dinamakan periode sensitif ataupun masa peka. Dalam usia 3-6 tahun. Pada usia
ini mencakup sensitif terhadap kelanturan lingkungan,mengeksplorasi lingkungan
dalam lidah dan tangan. Sensitif terhadap objek-objek kecil dan detail. Serta
terhadapnaspek sosial kehidupan.
Dimana masa ini seorang anak
harus perlu dirangsang dan diarahkan sehingga tidak terhambat perkembangannya.
Ketika seseorang ingin mengetahui
seberapa jauh perkembangan seorang anak ada dua metode yang bisa dilakukan
dalam perkembangan seorang anak. Yaitu pertama, metode umum meliputi
metode kros-seksional, longitudinal, sekuensial,dan metode kros-budaya. Kedua,
metode spesifik meliputi metode observasi,eksperimen,klinis,tes dan metode
pengumpulan data.
Implikasi perkembangan dan
pertumbuhan dalam proses pendidikan anak usia dini sebagai berikut:
1.
Implikasi genetika dan
lingkungan terhadap pendidikan anak usia dini
2.
Implikasi perkembangan otak
terhadap pendidikan anak usia dini
3.
Karakteristik individu dan
implikasinya terhadap pendidikan anak usia dini
4.
Implikasi perkembangan
kognitif terhadap pendidikan anak usia dini
5.
Implikasi konsep diri
peserta didik terhadap pendidikan anak usia dini
6.
Perkembangan kemandirian
peserta didik dan implikasinya dalam dunia pendidikan
7.
Implikasi perkembangan
moral dam spiritual terhadap pendidikan
Kelebihan buku:
Buku
psikologi perkembangan anak usia dini (Raudhatul Athfal) sangat cocok dibaca
oleh siapapun yang ingin memehami perkembangan seorang anak khususnya anak usia
dini. Buku ini juga dilengkapi dengan tabel, contoh,dan skema yang memudahkan
kita untuk memahami isi buku. dan dilihat dari segi bahasa,dalam penggunaan
kata asing penulis menyelipkan maknanya yang mempermudah pembaca awam untuk
memehaminya.
Kekurangan buku :
Dalam
penggunaan tabel, gambar dan skema penulis masih menggunakan warna hitam putih
ataupun tidak berwarna. Seharusnya, dalam penggunaan hal tersebut baiknya
dicetak dengan berwarna agar menarik minat baca para pembaca.
oleh : Siti Patma Deli
Komentar
Posting Komentar